Sabtu, 28 Maret 2020

OlGa saat Social Distancing





Assalamu’alaikum wr.wb.

Masa Social Distancing harus kita patuhi demi kebaikan bersama. Sekian banyak informasi tentang Covid-19 baik di Handphone, Televisi, Media Massa dan beberapa group di MedSos. Sudah terlalu banyak korban, dan semakin hari makin bertambah. 14 hari di rumah mari kita isi dengan aktivitas yang bermakna, yaitu menerapkan pola HIDUP SEHAT. Demi menerapkan hal tersebut ada beberapa tips untuk meningkatkan sistem imun tubuh, yaitu dengan istirahat cukup, perbanyak makan sayur, buah, protein dan rutin berolahraga.
Ada enam rekomendasi OlGa (OlahRaga) di rumah selama Social Distancing, yaitu : Yoga, Jogging, Skipping (lompat tali), Olahraga kardio, menari, dan Aerobic atau zumba. Mari kita simak dari enam OlGa tersebut. Yoga termasuk pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Untuk menghindari resiko cedera karena tak ada pelatih yang mengawasi, kita tak perlu melakukan gerakan yang rumit. Yoga sederhana menjadi solusi agar tetap sehat. Beberapa gerakan sederhana di rumah seperti tree pose, cat cow, dan mountain pose. Pernapasan yoga yang simple dapat meregangkan otot dan membakar kalori untuk mengurangi berat badan. Jogging atau berlari tidak hanya bisa dilakukan di tempat umum atau di luar rumah. Jogging juga bisa dilakukan di dalam rumah dengan lari di tempat atau menggunakan treadmill.
Skipping atau lompat tali, olga yang satu ini bisa jadi solusi yang ingin sesuatu mudah dan simpel. Skipping atau lompat tali bisa dilakukan di dalam rumah dan tetap bisa membuat berkeringat serta meregangkan otot. Lakukan skipping setelah melakukan peregangan. Jika kuat lakukan 15 sampai 20 menit per hari. Selain Skipping OlGa yang lain yaitu OlGa kardio. OlGa ini dikenal sangat efektif untuk menurunkan berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan melindungi jantung dari ragam gangguan. Olahraga ini bisa dilakukan di rumah tanpa perlatan. Beberapa gerakan kardio yang bisa dilakukan seperti high knees yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggerakkan otot, terutama pada paha dan betis dengan kecepatan tertentu. Burpee yaitu olah gerak keseluruhan tubuh. Burpee terdiri atas gerak jongkok (squat), tendang kedua kaki ke belakang (kick feet back), push-up, kembali squat, dan terakhir berdiri sambil berloncat. Kalau lima gerakan ini dilakukan dengan benar, seluruh tubuh akan bergerak dan esensi olahraga benar-benar dilakukan.
Menari bisa dilakukan saat bosan atau kurang sreg dengan beberapa olahraga. Cukup putar musik favorit sebagai pengiring gerakan-gerakan Anda sendiri. Menari bisa jadi solusi lain utuk tetap bergerak dan hidup sehat saat berada di rumah. Aerobic atau zumba merupakan OlGa yang lebih menyenangkan kalau dilakukan beramai-ramai saat di tempat latihan. Namun, bukan berarti olahraga ini tak bisa dilakukan di rumah, apalagi di saat melakukan Social Distancing. Agar tetap menyenangkan dan semangat, putar lagu dan panduan aerobic atau zumba di televisi, gawai atau laptop untuk memberikan suasana yang mirip dengan di tempat latihan. Lakukan kurang lebih 30 menit tiap sore hari untuk mendapatkan hasil OlGa yang maksimal.
Semoga bermanfaat, Salam Sehat ...
Wassalamu’alaikum wr.wb.