Senin, 31 Agustus 2020

KLASIFIKASI MATERI



 Materi di alam digolongkan menjadi tiga wujud yaitu padat, cair, dan gas. Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan dapat menempati ruang. Materi-materi tersebut diklasifikasikan berdasarkan karakteristiknya yaitu persamaan dan perbedaan sifatnya. Untuk mengklasifikasikan sifat benda lakukan langkah berikut:

  • Mengamati karakteristik benda
  • Mencatat persamaan dan perbedaan sifat tiap-tiap benda
  • Memasukkan benda-benda yang mempunyai persamaan sifat ke dalam satu kelompok
  • Memberi nama yang sesuai pada setiap kelompok benda tersebut.
Karakteristik benda berdasarkan wujudnya:
  1. Benda Padat. Benda padat mempunyai sifat bentuk dan volumenya tetap. Benda-benda padat tetap dikarenakan partikel-partikel dalam benda padat saling berdekatan, tersusun teratur, dan mempunyai gaya tarik antarpartikel yang sangat kuat.
  2. Benda Cair. Benda cair adalah benda yang mempunyai volume tetap, tetapi bentuknya selalu berubah-ubah mengikuti tempatnya. Dilihat dari susunan molekul dan ikatan antarmolekulnya, benda cair mempunyai susunan molekul kurang teratur dan jarak antarmolekulnya renggang. Akibatnya gaya tarik-menarik antarmolekul benda cair lebih rendah dibandingkan dengan benda padat.
  3. Benda Gas. Benda gas mempunyai sifat bentuk dan volume berubah-ubah. Bentuknya berubah-ubah dikarenakan partikel-partikel dalam benda gas berjauhan, tersusun tidak teratur, dan gaya tarik antarpartikel sangat lemah. Volumenya berubah-ubah dikarenakan partikel gas dapat bergerak bebas meninggalkan kelompoknya.
Perubahan Wujud Benda

Perubahan wujud dikenal sebagai perubahan fisika karena tidak menghasilkan zat baru. Jenis-jenis perubahan wujud sebagai berikut:

  1. Mencair. Mencair/ melebur yaitu peristiwa perubahan zat padat menjadi cair yang terjadi karena adanya kenaikan suhu(panas).
  2. Membeku. Membeku yaitu peristiwa perubahan zat cair menjadi padat karena adanya pendinginan.
  3. Menguap. Menguap adalah peristiwa perubahan zat cair menjadi gas.
  4. Mengembun. Mengembun adalah peristiwa perubahan benda gas menjadi cair.
  5. Menyublim. Menyublim adalah peristiwa perubahan zat padat menjadi gas.
  6. Mengkristal. Mengkristal adalah perubahan wujud dari zat gas menjadi zat padat.