Jumat, 20 Maret 2020

“CORNELL NOTES” solusi belajar Pencemaran Lingkungan


Di lingkungan sekolah terjadi beberapa perilaku menyimpang terhadap kelestarian lingkungan. Contohnya : membuang sampah tidak pada tempatnya, mencoret dinding dengan spidol, mencoret meja dengan type_X, membuang sampah makanan di laci meja, bau tak sedap di kamar kecil,  dan lain-lain. Lingkungan sekolah sangat berperan penting karena dengan lingkungan bersih, belajar menjadi nyaman. Untuk terwujudnya lingkungan bersih, maka perlu adanya penguatan pendidikan karakter (PPK) peserta didik yaitu mencintai lingkungan demi alam yang lestari.
   Untuk merealisasikan PPK tersebut, maka penyampaian materi Pencemaran Lingkungan di klas VIIB SMP Negeri 1 Andong, Boyolali perlu menggunakan teknik yang menarik dan bervariasi. Cornell Notes merupakan teknik mencatat dengan menuliskan hal-hal yang dianggap penting dalam bentuk vertikal sesuai buku catatan yang digunakan peserta didik. Metode efektif dalam pencatatan secara klasikal dapat diupayakan dengan cara membuat variasi di buku catatan. Langkah peserta didik membuat  Cornell Notes adalah  peserta didik membagi buku catatan menjadi tiga bagian kolom, yaitu kolom bagian kiri tempat untuk menuliskan kata kunci atau gagasan utama, kolom bagian kanan tempat untuk menuliskan hasil pencatatan dengan memulai dari Record (hasil pencatatan), Question (pertanyaan yang dibuat peserta didik terhadap catatan yang dibuat), Resite (menuliskan kembali dengan menggunakan kata-kata sendiri), Reflect (refleksi materi yang telah dicatat) dan Review (arti penting dari apa yang telah dicatat), dan kolom bagian paling bawah Summary (ringkasan). (Dikutip Wisudawati&Sulistyowati, 2018 : 176).
                Sebelum membuat Cornell Notes Pencemaran Lingkungan, guru terlebih dahulu memberi contoh Cornell Notes pada materi sebelumnya. Setelah memahami, peserta didik membuat Cornell Notes materi Pencemaran Lingkungan. Dalam mengisikan kolom : kata kunci, record, question, resite, reflect, dan summary antar peserta didik boleh berbeda. Hal ini disebabkan karena materi Pencemaran Lingkungan di dalamnya ada beberapa hal penting, diantaranya pemanasan global, lapisan ozon, hujan asam, pencemaran tanah, air, udara dan lain-lain. Perbedaan tersebut justru menunjukkan adanya kejujuran dan Cornell Notes pencemaran lingkungan menjadi  lebih bervariasi. Setelah selesai, guru memilih 3 jawaban peserta didik yang berbeda untuk mempresentasikan hasil Cornell Notes di depan kelas.
                Dengan Cornell Notes peserta didik dituntut berfikir tingkat tinggi (HOT), karena harus mengoptimalkan perkembangan kemampuan dalam menganalisis dan memahami materi Pencemaran Lingkungan. Peserta didik harus mampu menuangkan ke dalam kolom kata kunci,  record, question, resite, reflect, dan summary.  Cornell Notes Pencemaran Lingkungan menghasilkan catatan peserta didik lebih bervariasi, bermakna dan berkualitas. Reflect dari Cornell  Notes Pencemaran Lingkungan adalah peserta didik mampu mencintai lingkungan demi alam yang lestari. Cornell Note menjadi solusi  belajar Pencemaran Lingkungan dan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik klas VIIB SMP Negeri 1 Andong, Boyolali.


Oleh Febri Setiyasih Widayati, S.Pd., M.Pd.
Terbit di Harian Jateng Pos pada 11 Maret 2019