Rabu, 08 Februari 2023

DAUR BIOGEOKIMIA

  1.  SIKLUS AIR (SIKLUS HIDROLOGI)
Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Air merupakan salah satu senyawa yang memiliki siklus atau daur. Siklus air tampak seperti gambar di atas. Air yang ada di permukaan bumi akan mengalami penguapan (evaporasi) saat terkena sinar matahari dan membentuk awan. Penguapan air juga terjadi pada tumbuhan yang disebut transpirasi. Selanjutnya awan akan mengalami kondensasi dan turun ke bumi dalam bentuk hujan (presipitasi). 


2. SIKLUS KARBON


Di alam juga terjadi siklus karbon dan oksigen. Tumbuhan menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Oksigen yang dihasilkan tumbuhan digunakan manusia, hewan, dan organisme lainnya dalam proses respirasi. Saat respirasi akan menghasilkan gas karbondioksida yang dilepas ke udara. Tumbuhan, hewan, dan organisme lain yang mati akan diuraikan oleh dekomposer menghasilkan gas karbon dioksida. Beberapa jasad yang mati menghasilkan fosil berupa bahan bakar. bahan bakar yang mengandung karbon ini jika digunakan akan menghasilkan karbon dioksida.


3. SIKLUS NITROGEN


Pada dasarnya siklus materi akan berputar dari makhluk hidup ke lingkungan dan kembali lagi ke makhluk hidup seperti siklus nitrogen gambar di atas. Nitrogen bebas dari udara masuk ke tanah melalui proses fiksasi oleh bakteri tertentu. Seperti bakteri yang hidup di akar tanaman kacang. Makhluk hidup yang telah mati akan dirombak menjadi senyawa amoniak melalui proses amonifikasi. Amoniak kemudian diubah menjadi senyawa nitrit, kemudian nitrat, melalui proses nitrifikasi. Nitrat yang terbentuk akan diserap tumbuhan menjadi bahan baku pembuatan protein. Sebagai nitrat akan diubah menjadi nitrogen bebas di udara oelh bakteri melalui proses denitrifikasi.