Minggu, 02 Agustus 2020

KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP


Untuk mengetahui perbedaan ciri antara makhluk hidup dengan benda tak hidup, kamu dapat mengelompokkannya dengan Sistem Klasifikasi berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki. Sistem klasifikasi akan mempermudah dalam mempelajari keanekaragaman benda dan makhluk hidup di sekitarmu.

Makhluk hidup memiliki ciri-ciri kehidupan yang membedakannya dengan benda tak hidup. Ciri-ciri kehidupan tersebut meliputi: bergerak, berkembang biak (reproduksi), tumbuh dan berkembang, bernapas (respirasi), memerlukan sumber energi atau nutrisi, beradaptasi, peka terhadap rangsang (iritabilitas), memerlukan zar sisa (ekskresi), dan memiliki bahan genetik. Namun, ternyata benda-benda tak hidup juga dapat memiliki ciri kehidupan, tetapi tidak menjadikan benda-benda tersebut dikatakan sebagai makhluk hidup. Karena benda dikatakan sebagai makhluk hidup, apabila memiliki semua ciri-ciri kehidupan.

Tugas!

Mengidentifikasi Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup

            Makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan benda tak hidup. Namun, ada beberapa benda tak hidup yang memiliki ciri-ciri kehidupan seperti makhluk hidup. Sekarang, amati dengan cermati gambar berikut:

(a)

(b)

(c)

(d)

Berdasarkan gambar tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1.  Dari ke sembilan ciri-ciri kehidupan, sebutkan ciri-ciri kehidupan dari benda gambar (a), (b), (c) dan (d)!
  2. Dari gambar (a), (b), (c), dan (d) manakah yang termasuk makhluk hidup? Dan manakah yang  termasuk benda tak hidup (benda mati)?
  3. Di antara makhluk hidup dari gambar di atas, sebutkan ciri-ciri makhluk hidup!
  4. Mengapa robot dan mobil meskipun mempunyai beberapa ciri makhluk hidup, tetapi tidak termasuk sebagai makhluk hidup? Jelaskan jawabanmu!

Tuliskan hasil jawabanmu di buku catatan IPA!


Tetap Semangat Belajar!